Kufi Mandala : Upgrade kufi flowermu yuk!

Gambar
Assalamualaikum temen-temen pembaca setia blog Harukokufi. Pada kesempatan kali ini mimin coba meneruskan penjelasan mimin di tutorial sebelumnya yaitu tutorial bikin flower di ibis paint ya. Mimin coba jelaskan sedikit tentang kufi mandala.  Apa itu kufi mandala? Kufi mandala adalah hasil kolaborasi dari bentuk layout flower kufi dan ragam hias mandala.  Karena menggunakan ragam hias mandala. Maka kita harus menggunakan ketentuan-ketentuan dalam membuat mandala. Ketentuan yang paling harus di pahami adalah anatomi mandala.  Anatomi mandala ada 3  1. Center (titik pusat motif mandala) 2. Outline (garis yang membentuk kelopak) 3. Inline (motif yang mengusi outline) Lebih jelasnya bisa di tonton di sini : video materi telegram tentang mandala Pada tutorial kali ini kita menggunakan ibis paint ya, silahkan disimak penjelasan di bawah ini. 1.  Siapkan kufi flower yang sudah di buat di tutorial sebelumnya.  2. Klik icon penggaris, lalu pilih penggaris kalaedoskop.

kufilusi? Ayo mengenal dan belajar bikin Kufilusi cuma pakai pixellab aja!


Assalamualaikum teman-teman pembaca setia blog Harukokufi, lagi pada ngapain nih? Liburan? Atau ngumpul sama keluarga aja? Hehe kalau admin lagi baca sama nulis tips untuk temen-temen semuanya, biar makin semangat belajar kufi.

Okeh, pada tulisan kali ini. Mimin mau mengenallan kufi ilusi atau guru mimin (Ustadz Zhen)  biasa menyebutnya kufilusi. 

Apa itu bang? 

Jadi, Kufilusi/Kufi ilusi ini adalah salah satu penyajian kufi yang cukup unik. Jika kufi normal kita berusaha menampilkan bentuk hurufnya. Justru di kufilusi ini, hurufnya melebur dengan background dan hanya menampilkan ruang kosong yang berada di tengah-tengah huruf. Biar apa? Biar kita bisa menciptakan ilusi kalau itu hanya garis-garis saja, padahal itu adalah kufi yang tetap bisa terbaca. Coba perhatikan ilustrasi di bawah ini.


 
Ini adalah kufi lusi yang setengah jadi, bisa dilihat warna hurufnya melebur dengan background (tanda merah) dan justru ruang kosong yang ditampilkan/diberi warna berbeda dengan background (tanda biru).

Gimana? Sudah paham? Tertarik mau bikin? 

Bisa ngga sih bikin pake HP? Tentunya bisa dong. Cukup cuma pakai 1 aplikasi saja yaitu Pixellab. Simak penjelasan di bawah  ini yah. 

1. Masuk ke pixellab, ubah ukuran resolusinya menjadi 4:5 dan warnanya diganti hitam(warna sesuai selera ya)

2. Masukkan kufi yang udah temen-temen bikin di 8bit painter. 

3. Lalu klik tools shape, dan pilih shape kotak. Untuk warna biarkan menjadi putih. Karena kita akan menampilkan warna putih. 

4. Kalau sudah, lalu posisikan layer kufi diatas layer shape kotak. Lalu paskan ukuran kufi dan kotak dan ubah warna kufi sesuai dengan bacground. 
Ubah warna kufi sesuai dengan warna background ya

Lalu paskan seperti ini.

5. Kalau sudah, tambah outline pada kufi pakai tools stroke. Warna outline sama kayak warna kufi dan background ya.

Untuk ukuran strokenya sesuai selera ya,  makin warna putihnya kelihatan tipis makin bagus.

Nanti hasilnya seperti ini.

Ingat posisi layernya seperti di atas ya, kalau mau diolah lebih jauh agar lebih bagus. Kedua layer ini bisa di merge dulu lalu di erase colour, pilih warna kufinya/warna backgrond otomatis yang tersisa tinggal warna putihnya saja. 

6. Kalau sudah, maka tinggal tambahi text, texture dan logo pribadi.
Pakai text yang tipis-tipis yah, penggunaan texture yang minimalis aja. Karena kufilusi biasanya terkesan clean dan elegan.

Maka nanti hasil akhirnya akan seperti ini

Jangan lupa kalau mau save pastikan pakai PNG dan resolusi ULTRA ya. 

Gimana? Mudahkan? Gas dipraktekin yah biar desain kufimu makin cakeepp....

Jika ada pertanyaan bisa langsung dm admin di @harukokufi atau ke @risky_aulia07

Terimakasih udah menyimak, wassalamualaikum, barakallahufikum. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kufi flower 2 (Ibis paint) Gerbang awal mengenal kufi mandala

Kufi Mandala : Upgrade kufi flowermu yuk!

Kufi Planet? Ubah kufimu menjadi seperti planet yuk!